Pages

Membuat Textdraw Dengan Cara Yang Mudah


Illustration by: B3x7K

Oke teman teman, jadi di sesi kali ini, saya akan menjelaskan mengenai langkah dasar membuat sebuah textdraw di Gaming Platform yang bernama SA-MP ini.

Perlu kalian ketahui, untuk membuat textdraw sangatlah sulit jika dilakukan dengan manual, namun tenang saja karena ada alat pembuat textdraw buatan adri1 :)

Jadi, untuk pembahasan kali ini saya akan membahas cara kerja dari textdraw ini.


BAB 1: Pengenalan

  Jika kalian tidak mengetahui apa itu sa-mp, silahkan baca di sesi sebelumnya disini.

Textdraw adalah salah satu fitur yang mirip dengan GameText, namun fungsinya berbeda jauh. Kalau textdraw bisa menampilkan box, preview model(skin/mobil/objek), text, dan lain lain sesuai kreatifitas kalian dan bersifat permanen (ga ilang) tidak seperti gametext yang hanya menampilkan text saja dan itupun sebentar(dikasih batas waktu).

BAB 2:  Langkah Dasar Membuat Textdraw

  Untuk membuat sebuah textdraw, kalian harus memahami konsep dibawah ini:

● Global Textdraw berbeda dengan Player Textdraw.
● Untuk membuat sebuah textdraw, diperlukan pemahaman tentang fungsi dari textdraw itu sendiri.
● Textdraw mungkin tidak akan bekerja sepenuhnya jika tidak di deklarasikan dengan CreateTextdraw/CreatePlayerTextdraw.

Jika kalian sudah memahaminya, silahkan cek dibawah ini.



A1: Membuat textdraw

    Pertama tama kalian harus mendownload TDEditor disini.
Jika sudah di download, selanjutnya kalian extract dimana saja (saran: Desktop). Jika sudah diextract, selanjutnya tinggal kalian copy pastekan txd file nya kedalam folder gta samp kamu (sama seperti kalian mencopy file cleo/mencopy mod efek).

Kalau sudah tinggal buka samp-server.exe

Sub 1: Mensetting textdraw dalam ingame


Pertama2 ketikkan command berikut: /tde
Jika muncul text seperti di ss, tandanya itu work. Jangan lupa di klik textnya.




Jika sudah di klik, silahkan klik create new project, nama boleh bebas apa saja se kreatif



Nanti akan muncul seperti ini, nah sekarang kalian bebas untuk membuat sebuah teextdraw dengan cara mengklik tombol new untuk membuat text langsung, namun jika ingin membuat box, model, dll tinggal klik kanan saja pada tombol new.



Kalau textdrawnya sudah dibuat, silahkan tinggal export aja
Btw di sebelah kanan textdraw itu public, disebelah kiri itu player textdraw.


A1: Menyeting textdraw dalam script

Untuk menyeting sebuah textdraw agar dapat digunakan sebagai penampil dalam sebuah string/valuable, diperlukan kepahaman betul mengenai format, variable list, dan juga kepintaran sebagai seorang scripter. Kalian hanya cukup menyeting hal hal yang perlu seperti yang ada di SS berikut:

Contoh textdraw yang sudah di beri bumbu script.

Untuk menyetingnya sendiri itu terserah kalian ingin nya gimana, namun kali ini saya akan jelaskan hal hal yang simple tentang mengupdate status darah dan mengeksekusikannya seperti yang di screenshot diatas.

Untuk variablenya sendiri kalian bisa melakukannya seperti ini:

new darah[10];
PlayerTextDrawHide(playerid, TextDraw_Darah[playerid]);
GetPlayerHealth(playerid, pHealth);
format(darah, sizeof(darah), "%.0f%", pHealth);
PlayerTextDrawSetString(playerid, TextDraw_Darah[playerid], darah);
PlayerTextDrawShow(playerid, TextDraw_Darah[playerid]);

Kalau armor, tinggal ganti jadi GetPlayerArmour. Untuk lebih jelasnya sendiri itu bisa di kreasikan sesuka hati, intinya jika ingin mengubah textdraw ke live string, kalian membutuhkan sebuah function "format", jika tidak menggunakan format maka tidak akan bisa dijadikan live string.
Ngomong ngomong live string, itu adalah sebuah istilah untuk string yang selalu berubah rubah textnya sesuai kondisi yang chara alami. Misalkan dia lagi membawa uang 5juta, lalu dengan bantuan format(uang, sizeof(uang), "Uang kamu $%i", GetPlayerMoney(playerid));" maka format tsb akan mengupdate jumlah uang kalian.

Jangan lupakan penggunaan waktu, karena waktu itu penting. Kalian hanya perlu mendeklarasikannya sepertib ini:

SetTimer("status",1000,1);

Dan dilanjut dengan function berikut:

forward status();
public status()

Jika sudah mengerti bagian ini, mungkin kalian sudah bisa menkreasikan textdrawnya sesuka kalian.

BAB 3:  Penutupan

 Nah bagaimana, mudah kan :), itulah dia cara membuat Textdraw dengan mudah dan juga pastinya mudah di mengerti bagi kalian. Oh iya sebelum itu saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan kali ini dan juga agak sedikit membosanlan, karena saya buat ini di hp + sibuk :3 jadinya yaa begitulah adanya. Akhir kata dari saya LolipopForLife berterimakasih karena telah mengunjungi blog ini, jangan lupa share jika menurut kalian ini bermanfaat bagi orang lain yang khususnya ingin belajar lebih dalam mengenai script. Dan sampai jumpa lagi di sesi berikutnya :)




Unknown

Sebuah blogger yang ingin berbagi tutorial mengenai dasar dasar koding kepada kalian yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang scripting. Tentu saja dikemas dengan hal yang menarik dan juga mudah untuk dipahami bagi pemula :)

2 komentar: